Praktik Lapangan Anggota UKM Jurnalistik Uniflor

 


Beberapa bulan dibentuk dengan SK Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Uniflor, UKM Jurnalistik Uniflor telah menjalankan kelas-kelas seperti Teknik Menulis 3 Paragraf, Dasar-Dasar Jurnalistik, pelatihan mengetik 10 jari, hingga menjadi co-cameraman dalam Podcast Gesa. Masih banyak kelas menanti tetapi itu bukan berarti mereka, mahasiswa/i kece, hanya diam di tempat. Mereka saya 'terjunkan' langsung praktik lapangan dalam event-event Uniflor.  

Anggota UKM Jurnalistik Uniflor secara bergantian praktik liputan kegiatan dan menulis berita. Beberapa berita yang dipublis di media kampus merupakan hasil karya mereka. Berita-berita (serta foto) yang mereka tulis seperti kegiatan yudisium, wisuda, seminar, dan lain sebagainya. 

Adalah suatu kebanggaan bagi saya ketika dalam kegiatan PKKMB Uniflor 2024, terkhusus Malam Inaugurasi pada Sabtu (24/8/24), mereka pun praktik lapangan. Virant memegang kendali di operator live streaming. Siska memegang peranan di salah satu kamera live streaming. Untuk live streaming mereka berguru pada master-nya live streaming kampus, Muamar Alfian. Dua lagi, Ipong dan Erwyn, bertugas meliput untuk berita dan tentu saja dokumen foto. 




Bagi saya pribadi, ini adalah kemajuan yang sangat besar. Saya tahu, ada kekuatiran dalam diri mereka, mungkin sedikit rasa kurang percaya diri. Tapi saya harus meyakinkan mereka bahwa jika tidak praktik lapangan, maka akan sulit mengaplikasikan ilmu jurnalistik yang telah dipelajari. Karena mental mereka akan ditempa saat praktik ini. Maju memotret di hadapan ribuan orang, di hadapan petinggi kampus, bukanlah hal yang mudah. Percaya diri adalah kunci karena ilmunya sudah mereka kantongi.

UKM Jurnalistik Uniflor telah membuka pendaftaran bagi anggota baru. Kami akan memulai kelas ke-3 yaitu Public Speaking saat masa registrasi dan pengisian KRS sudah selesai. Saya berharap mereka tidak lelah belajar berbagai soft skills di UKM Jurnalistik ini.

Terima kasih sudah mempercayakan saya menjadi Pendamping, ya!


Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak